Pupuk Cair Organik

Pupuk Organik Cair Hidrolisat Ikan PDF Print E-mail
Written by Sandi Kusnadi
Pupuk organik cair hidrolisat ikan diperoleh 100% dari ikan segar yang dicairkan secara enzimatik berdasarkan pengembangan hasil penelitian di Jurusan Kimia Universitas Jember. Pupuk organik cair hidrolisat ikan mengandung hidrolisat protein dan asam amino serta semua nutrisi utama yang ada dalam ikan seperti vitamin, hormon, minyak ikan dan mineral makro maupun mikro.

Pupuk organik cair hidrolisat ikan mengandung peptisida fungsional sebagai pengontrol pertumbuhan. Kandungan asam amino, protein, minyak ikan dan vitamin diperlukan mikroba untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan pertumbuhan tanaman yang lebih sehat dan cepat. Karena kandungan nutrisinya yang lengkap, pupuk cair hidrolisat ikan dapat digunakan untuk menyuburkan tanah dengan cara penyiraman dan dapat pula digunakan sebagai pupuk daun dengan cara penyemprotan.

Pupuk organik cair hidrolisat ikan dapat digunakan bersama pupuk organik padat dalam produksi pertanian organik atau sebagai kombinasi dengan pupuk kimia dengan dosis rendah untuk produksi pertanian yang optimum. Hasil uji coba lapangan terhadap tanaman padi, jagung, kacang tanah, semangka, melon, jeruk, lombok, brambang, dll. menunjukkan bahwa pemakaian pupuk organik cair hidrolisat ikan dapat menurunkan pemakaian pupuk kimia hingga 0% dan hasil panen lebih baik.

Nama Peneliti: Drs. Ahmad Sjaifullah M. Sc. PhD.

Organisasi: Universitas Jember

Pupuk organik solusi kenaikan harga pupuk

Mentan:

Pupuk organik solusi kenaikan harga pupuk

Jombang–Menteri Pertanian (Mentan) Anton Apriantono mengatakan pupuk organik selain dipakai untuk memperhatikan kelanjutan lingkungan, juga sebagai solusi terhadap tren naiknya harga pupuk kimia.

“Harga pupuk kimia terus mengalami kenaikan, bahkan bisa menjadi dua kali lipat, untuk itu pupuk organik sebagai salah satu solusi ini,” kata Anton, di saat acara panen raya padi SRI (system of rice intensification) di Jombang, Jawa Timur, Minggu (9/8).

Menurut dia, jika harga pupuk kimia terus mengalami kenaikan akan pemerintah tidak mampu lagi untuk melakukan subsidi.

“Saya sudah ingatkan dari sekarang, jika harga pupuk naik jangan protes. Untuk itu manfaatkan pupuk organik sebagai solusinya,” katanya.

Anton menegaskan bahwa pupuk organik ini akan mengembalikan keseimbangan alam yang berkelanjutan.

“Pupuk kimia memang dalam jangka waktu dekat bisa meningkatkan produksi pangan, tetapi secara jangka panjang justru mematikan unsur-unsur yang bisa menyuburkan tanah,” katanya.

Mentan menjelaskan bahwa unsur-unsur mikro dalam tanah, seperti bakteri, cacing yang berguna sebagai kesuburan justru akan mati jika menggunakan pupuk kimia.

Untuk itu pihaknya terus mendorong penggunaan pupuk organik untuk mengembalikan kesuburan tanah pertanian kembali.

Dalam mendukung program pupuk organik ini, maka Departemen Pertanian melakukan budidaya padi SRI untuk dikembangkan oleh para petani.

Padi SRI adalah teknik budidaya padi yang mampu meningkatkan prodiktifitas padi dengan cara mengubah pengelolaan tanaman, air dan unsur hara.

“Padi SRI menghilangkan ketergantungan terhadap pupuk kimia, efisien terhadap air dan hasilnya lebih baik daripada cara konvensional,” kata Anton saat melakukan panen raya padi SRI seluas 625 hektar di Kecamatan Megaluh, Jombang ini.

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s